Selasa, 26 Oktober 2010

Hati-hati, Gigi Rapuh Karena Lipstik

img
Kebanyakan wanita sering menggunakan lipstik untuk mempercantik diri. Namun ternyata di balik itu, lipstik punya potensi membahayakan gigi.

Seperti dikutip the super health dari genius beauty, para peneliti di Universitas Sao Paulo, Brazil menemukan dampak negatif lipstik bagi kesehatan. Para peneliti menemukan bahwa kandungan minyak di lipstik dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

Beberapa produk kecantikan seperti lipstik atau maskara mengandung parafin dalam jumlah kecil. Namun jika secara terus menerus memakai lipstik, dikhawatirkan dapat menyebabkan gigi menjadi lebih rapuh dan retak.

Habibie Antonio, kepala tim peneliti mengatakan, jika lipstik digunakan setiap harinya ada kemungkinan masalah gigi akan muncul dalam waktu dua sampai tiga bulan. Hal tersebut diperkirakan dengan asumsi rata-rata wanita juga menggunakan krim, maskara, dan kosmetik lainnya. Penggunaan make up secara berlebihan bisa berarti menimbun dua pon zat berbahaya dalam tubuh.

Untuk mencegah dampak negatif ini, ahli gigi dari Brasil merencanakan akan membuat sebuah semprotan khusus untuk melindungi gigi dari bakteri parafin. Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk memberikan perlindungan yang lebih untuk gigi tetap sehat dan selalu mengawasi kandungan dari bahan kosmetik yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar